Proses Pembuatan Kubah Enamel

Mau tahu proses pembuatan kubah enamel? Hubungi: +6282210001369 (Fauzan)

Proses Pembuatan Kubah Enamel

Kubah masjid bahan enamel saat ini menjadi bahan favorit pembuatan kubah masjid. Selain karena banyaknya keuntungan kubah bahan enamel dibandingkan kubah masjid bahan lain, kubah ini dapat didesain lebih indah dari segi bentuk lapisan dan warnanya.

Kubah enamel sendiri adalah lapisan porselen yang ditempelkan pada bagian rangka dasar kubah atau enamel coating. Tujuan utama dari enamel coating adalah melindungi lapisan di bawahnya yang berupa logam plat baja dari perkaratan dan memperindah bagian luar atau bagian atas kubah masjid.

Proses pembuatan kubah enamel dapat dikatakan cukup panjang, sehingga kubah ini tidak ready stok. Dibuat sesuai dengan permintaan dan desain yang berbeda-beda. Tahapan proses pembuatan kubah enamel diuraikan di bawah ini.

Desain Kubah Masjid

Pada tahap awal anda dan kontraktor kubah masjid atau konsultan kubah masjid, Bpk. Fauzan yang dapat dikontak di nomor 082210001369 memastikan kerjasama pembuatan kubah masjid terlebih dahulu. Setelah itu, dibantu desainer dari CV. Indokarya Anugerah yang berpengalaman, anda menentukan desain kubah masjid yang diinginkan dan ukurannya. Setalah deal, maka tahap pengerjaan dilakukan.

Membuat Kerangka Kubah

Di awal pengerjaan, rangka kubah dibuat sesuai diameter yang yang telah disepakati. Kerangka kubah terdiri dari rangka utama yang terbuat adri pipa galvanis berukuran 1 sampai 3 inchi sesuai kesepakatan dan menyesuaikan besar kecilnya kubah. Setelah selesai pemasangan rangka utama, dibuat rangka pendukung. Rangka utama sudah membentuk kubah yang diinginkan. Sedangkan rangka pendukung diletakkan di sela rangka utama untuk menambah kekuatan kubah. Rangka pendukung dibuat dari bahan hollow 2 x 4 mm dengan ketebalan sekitar 1,4 mm.

Membuat Atap Kubah

Setalah rangka kubah selesai dibuat, kubah langsung diberi atap. Bahan atap kubah dari plat besi SPCC SD dengan ketebalan 1 sampai 1,2 mm sesuai spek enamel grade. Bagian atap inilah yang nanti akan dilapisi dengan enamel coating.

Proses Pewarnaan Enamel

Atap kubah akan dilapisi enamel coating. Selama pengerjaan kerangka sampai atap kubah dan plafon, bahan enamel coating yaitu lapisan porselen mengalami tahap pewarnaan. Tahap pewarnaan terbagi menjadi tiga, yaitu pewarnaan dasar, pewarnaan pokok, dan pewarnaan finishing. Setiap tahapan pewarnaan menggunakan suhu yang semakin meninggi. Misalnya pewarnaan dasar dilakukan dengan pembakaran hingga suhu 790 derajat celcius, pewarnaan pokok 800 derajat celcius, dan pewarnaan finishing pada suhu pembakaran 800 derajat celcius.

Proses Enamel Coating

Setelah tahapan pewarnaan selesai, sebagai langkah akhir proses pembuatan kubah enamel selanjutnya melapisi bagian atap kubah dengan rapat. Tahap enamel coating ini harus dilakukan sangat teliti karena disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Khususnya jika warna kubah berbeda-beda pada setiap sisi atau membentuk pola tertentu. Setelah proses enamel coating, maka dilakukan pemasangan plafon dan akseoris kubah lain. Misalnya pemasangan makara dan penangkal petir. Sementara di bagian plafon diberi ukiran kaligrafi, misalnya.

Dengan demikian, proses pembuatan kubah enamel selesai dan siap diletakkan dan disatukan dengan bangunan masjid. Untuk info lebih lanjut mengenai kubah enamel, Anda bisa mencatat nomor di atas. Mencatat dan menyimpannya akan sangat berguna karena Anda tidak tahu kapan akan membutuhkannya.

Baca juga: Rangka Kubah Enamel dan Kubah Enamel Adalah

Leave a Reply