ORNAMEN KUBAH MASJID

Fast response info Kontraktor Kubah Masjid: +6282210001369 (Fauzan Al Fatih)


Macam-macam Ornamen Kubah Masjid

Keberadaan masjid di bumi pertiwi terbilang cukup banyak mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama islam. Pembangunannya pun sekarang tidak sebatas pada aspek fungsi namun juga melihat keindahan mulai dari serambi, tiang, menara, dinding-dinding, lantai, dan ornamen kubah masjid. Kubah pada masjid bahkan menjadi ciri khas yang mana masjid semakin terkenal berkat keunikan dan keindahan desainnya. Saat ini para seniman sangat detail dalam mengerjakan proyeknya saat mendesain dan melukis ornament baik di dinding, tiang maupun kubah masjid. Ornamen itu sendiri dari satu seniman ke seniman lain tentunya menghasilkan keindahan yang berbeda. Sehingga menghasilkan keanekaragaman dari kubah masjid yang ada di nusantara.

Umumnya pembuatan ornamen kubah masjid agar lebih tahan lama menggunakan tinta atau cat khusus. Bahan konstruksi yang digunakan dalam kubah masjid juga berpengaruh dalam keawetan cat tersebut. Banyak pilihan konstruksi kubah yang dapat dipilih seperti beton, tembaga, enamel steel dan galvalume. Beberapa bahan konstruksi yang beredar dipasaran salah satu yang terbaik adalah galvalume atau baja ringan. Bahan tersebut juga anti terhadap karat. Material ini sangat cocok untuk menjadikan kubah masjid kuat kokoh dan tahan lama. Selain itu ornament pada kubah yang material utamanya galvalume dijamin akan tahan lebih dari 10 tahun. Ornamen kubah masjid berbahan galvalum merupakan pelapisan luar kubah masjid berbentuk panel/kotak kotak.

Pembuatan ornamen kubah masjid memerlukan waktu yang cukup lama dan biasanya agar ornament tahan terhadap cuaca biasanya cat yang dipilih adalah cat akrilik berbasis air yang tahan terhadap hujan atau panas. Ornamen tersebut akan dikombinasikan dengan kaligrafi, hiasan awan ataupun polos tanpa adanya bentuk pendamping lain. Kaligrafi yang dipilih biasanya berkiblat pada kaligrafi Turki, kaligrafi Persia dan Kaligrafi Arab. Ornamen kaligrafi tersebut di aplikasikan pada interior maupun ekterior kubah masjid dengan teknik khusus.

Masjid sangat penting bagi umat muslim untuk beribadah dan menjalin komunikasi dengan sesamanya. Tidak jarang ornamen kubah masjid yang indah menjadi daya tarik tersendiri seperti pada Masjid Islamic Centre Samarinda memilih ornament berwarna keemasan yang amat cantik. Bukan hanya di Indonesia, Taj Mahal di India mempekerjakan seniman handal untuk membuat ornament kubah masjid tersebut serta melarang mereka membuat ornament yang sama di masjid lain.

Bahan utama yang di gunakan dalam pembuatan ornament pada Taj Mahal adalah marmer yang dibawa dari Agra yang berjarak 60 km dari Taj Mahal. Ornamen tersebut dibuat dengan cara dipahat atau diukir dengan detail. Awalnya batu marmer itu dipotong, dihaluskan dengan cara digerinda, lalu bagian marmer yang mau diwarna itu dicoak dengan paku tajam. Setelah itu batu safir dan onik dimasukkan pada marmer yang sudah dicorak tadi.

Baca juga: Harga Kubah Masjid Aluminium dan Harga Kubah Masjid

Leave a Reply