Kubah Masjid Vector

Fast response info Kontraktor Kubah Masjid: +6282210001369 (Fauzan Al Fatih)

 

 

Kubah Masjid Vector

Ketika Anda dan masyarakat di lingkungan Anda ingin membangun sebuah masjid, selain desain bangunan yang akan didirikan, pasti Anda juga memerlukan desain kubah masjid yang akan dipasang setelah bangunan utama masjid selesai. Dalam penerapan secara umum, desain kubah masjid yang akan dibuat perlu disesuaikan dengan beberapa hal, seperti:

  1. Pilihan bahan yang akan digunakan untuk membuat kubah
  2. Karakteristik kubah (ukuran dan pola desain) yang ingin dibangun dan disesuaikan dengan visi misi masyarakat sekitar tentang masjid.
  3. Budget dana yang disiapkan untuk membuat desain kubah hingga proses pemasangannya.

Dari ketiga hal diatas, jika berbicara masalah desain, ada sebuah proses desain grafis yang biasa dimanfaatkan untuk membuat kubah masjid, dimana dari proses desain tersebut akan dihasilkan produk gambar vector maupun gambar bitmap. Perbedaan keduanya terletak pada beberapa hal, seperti:

  1. Gambar vector umumnya dibuat dalam desain yang tidak bergantung resolusi program komputer dan ketika seorang desainer ingin mendapat hasil yang nyata, dirinya hanya perlu memasukkan hitungan algoritma matematika untuk menyesuaikan garis, kurva, dan pola lain. Berbeda dengan gambar bitmap yang memerlukan perbandingan resolusi program desain (coreldraw, macromedia freehand, atau photoshop) sejak awal agar gambar yang dihasilkan tidak terlihat blur atau pecah.
  2. Gambar kubah masjid vector umumnya lebih mudah dirubah ukurannya tanpa mengurangi resolusi dan dapat dipastikan ketepatannya. Sedangkan untuk desain gambar bitmap dipastikan perlu melihat lagi resolusinya ketika desainer merubah detail gambar.

Saat dilihat dari perbedaan diatas, Anda pasti paham mengapa pada akhirnya banyak konsumen yang meminta para penyedia jasa untuk membuat desain dengan teknik vector. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Keuntungan menggunakan desain kubah masjid vector

Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh konsumen saat menggunakan desain kubah masjid vector, diantaranya:

  1. Gambar yang dihasilkan bisa dibuat memiliki kualitas yang paling baik untuk skala apapun. Dengan demikian, gambar yang ditampilkan pada hasil akhir sebelum cetak tidak akan terlihat blur atau pecah.
  2. Hasil gambar yang sudah selesai bisa dicetak dengan resolusi paling tinggi di printer dan ketika atribut dari gambar diubah, tidak akan ada pengaruh cukup besar pada gambar yang ditampilkan.
  3. Gambar yang dibuat dengan algoritmik akan terkesan lebih nyata dan lebih menyenangkan untuk diedit hingga proses finishing.

Bagaimana membuat kubah masjid vector

Setelah memahami keuntungan dari desain kubah masjid vector, berikut adalah prosedur yang perlu diterapkan saat membuat gambar vector.

  1. Pertama, gunakan program coreldraw terbaru yang bisa membuat produk desain tanpa perlu memberatkan komputer.
  2. Kedua, buatlah kotak dan convert kedalam bentuk curves dengan menggunakan menu coreldraw, agar Anda bisa lebih mudah mengaplikasikan desain dalam model bulat maupun elips.
  3. Gunakan shape tools, property bar, dan kelengkapan lain untuk membuat pola gambar lengkung.
  4. Masukkan formula pelengkap yang bisa digunakan untuk membuat desain dan desainer bisa langsung mengubah desain sesuai pesanan pelanggan.
  5. Penyelesaian teknik gambar umumnya dilakukan dengan aplikasi mirror untuk duplikasi gambar agar hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan keinginan untuk sisi depan maupun belakang kubah.

Namun demikian, agar cara pembuatan gambar dapat memberi kepuasan pada anda selaku konsumen, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan, seperti:

  • Konsultasi berkala yang dilakukan bersama dengan pembuat desain kubah agar hasil jadi desain kubah sesuai dengan keinginan.
  • Biaya jasa yang perlu dibayar untuk penyempurnaan desain jika Anda sebagai konsumen sudah memiliki desain dasar untuk masjid yang akan dibangun.
  • Hasil akhir yang diperlihatkan gambar dan penerapannya pada media kubah yang sesungguhnya.

Jenis bahan yang bisa diaplikasi dengan desain kubah masjid vector

Ketika Anda sebagai konsumen ingin melihat desain kubah masjid terlihat benar-benar sempurna tanpa cacat, Anda juga perlu mengkonsultasikan jenis bahan apa saja yang selama ini dipakai untuk membuat kubah masjid dan jenis bahan yang sesuai dengan desain kubah masjid pesanan Anda.

  1. Enamel

Bahan enamel ini akan cocok dikombinasikan dengan desain kubah yang ingin penampilan mengkilap dan menyerap panas. Bahan enamel umumnya dilindungi dengan bahan keramik atau kaca yang membuat kubah masjid tahan lama dan tidak mudah berkarat. Bahan enamel ini cocok untuk desain kubah yang memiliki diameter besar dengan desain warna variatif. Karena kubah yang menggunakan bahan dasar enamel umumnya dilapis dengan bahan khusus, kubah yang dihasilkan juga tidak akan mudah mengalami keretakan.

  1. Galvalum

Bahan galvalum termasuk salah satu bahan pembuat kubah yang umumnya tahan korosi dan keretakan karena strukturnya yang kuat. Namun demikian, bahan yang satu ini memiliki struktur yang lebih berat daripada enamel dan warnanya cenderung lebih gelap. Untuk mmebuat tampilan produk galvalum lebih cerah, diperlukan cat coating yang warnanya kontras. Ketika ada desain gambar kubah masjid vector yang diterapkan pada bahan ini, akan lebih baik jika gambar yang diterapkan diubah-ubah terlebih dahulu sudut-sudutnya agar tidak menimbulkan desain yang timpang antara sisi satu dengan sisi lainnya.

  1. Stainless-steel

Sesuai namanya produk stainless-steel lebih cocok digunakan untuk desain kubah masjid vector minimalis dengan satu atau dua pola warna saja. Meski cukup tahan karat, jika produk ini dipesan dengan ketebalan yang tidak diperhitungkan sebelumnya, atap tidak akan tahan lama dan mudah rusak karena tekanan angin yang cukup tinggi di bagian kubah. Namun demikian, terkadang bahan stainless steel juga dikombinasikan dengan bahan lain sebagai pelapis.

Baca juga: Harga Kubah Masjid

Leave a Reply