Inilah Kubah Masjid Terindah di Dunia

Fast response info Kontraktor Kubah Masjid: +6282210001369 (Fauzan Al Fatih)

 

Inilah Kubah Masjid Terindah di Dunia

Masjid adalah rumah Allah SWT yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam. Mengingat fungsi pentingnya tersebut, kini masjid-masjid mulai didesain begitu indah. Tidak terkecuali untuk kubah masjid. Dalam pembangunan masjid, kubah itu sendiri menjadi unsur arsitektur yang selalu dihadirkan. Ada kubah berbentuk separuh bola, bentuk mirip bawang, bentuk piring, serta kerucut dengan permukaan yang melengkung keluar.

Bentuk kubah masjid memang cukup bervariasi. Namun, satu hal yang pasti kubah masjid ditempatkan di posisi paling tinggi di atas bangunan masjid. Kubah menjadi atap yang karenanya perlu diletakkan di atas rangka bangunan misalnya rangka bangunan petak yang menggunakan pendentive atau singgah kubah.

Dengan adanya sejumlah kubah masjid yang dibuat cukup bervariasi, sekarang ini banyak pula masjid yang mendapat predikat masjid dengan predikat Kubah Masjid Terindah di Dunia. Berikut diberikan beberapa bangunan masjid dengan kubah masjid terindah di dunia:

 

  1. Masjid Saint Petersburg
    Masjid Saint Petersburg di Moskow Rusia menjadi masjid terbesar di Benua Eropa. Tidak hanya menjadi masjid terbesar tetapi termasuk pula dalam jajaran masjid dengan kubah masjid terindah di dunia. Bentuk kubah masjid cukup besar yang konon terinspirasi dari bangunan maosolium yang dibangin abad ke-15 yakni Gur Emir, Samarkand. Konstruksi kubah masjid begitu unik mirip seperti sarang lebah madu. Dari ornamen bagian dalam kubah masjid bisa dilihat bahwa konstruksi sarang lebah memiliki rangkaian berukir hexagonal. Lebih terlihat menarik lagi karena adanya baluran warna biru yang mendominasi hiasan dalam kubah masjid. Kubah masjid Saint Petersburg yang begitu indah itu pun bisa terlihat bahkan dari Jembatan Trinity
  2. Masjid Suneri
    Bangunan Masjid Suneri terletak di Lahore Pakistan merupakan salah satu kubah masjid terindah di dunia. Masjid ini hadir dengan tiga buah kubah emas. Kubah yang pertama menjadi kubah utama, sementara dua kubah yang lain tampak kokoh di sisi kanan dan kiri kubah utama.
  3. Masjid Jame’ Asr
    Kubah masjid terindah di dunia berikutnya dimiliki oleh Masjid Jame’ Asr atau Masjid Bandar seri Begawan, Brunei. Tampil beda, Masjid Jame’ Asr memiliki 29 kubah masjid. Kesemua kubah tersebut dibuat dari unsur emas murni 24 karat. Jadi bisa dibayangkan bukan keindahannya.
  4. Masjid Sheikh Zayed atau Grand Mosque
    Masjid Sheikh Zayed (Grand Mosque) terdapat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid dibangun dengan kurang lebih 92 kubah yang menutup bangunan masjid. Kubah-kubah tersebut ditopang sejumlah tiang besar yang cantik karena berhias marmer kaya warna. Sehingga dijamin membuat setiap orang terkesima. Masjid dengan kubah masjid terindah di dunia ini diketahui memiliki menara setinggi 115 meter.
  5. Masjid Sultan Ahmet Camii
    Masjid Sultan Ahmet Camii berada di Istanbul Turki. Masjid dibangun pada awal tahun 1600-an oleh Sultan Ahmet I. Bangunan masjid tampak kokoh dengan 6 menara yang mengelilinginya. Masjid ini populer pula disebut blue mosque. Masjid Sultan Ahmet Camii memiliki kubah besar berdiameter 23 meter dan tinggi 43 meter. Kubah masjid dilengkapi pula dengan 260 jendela kaca sebagai pemantul cahaya.
  6. Masjid Shah Jahan
    Masjid Shah Jahan dibangun oleh Raja Shah Jahan tahun 1647. Konstruksi bangunan masjid menggunakan bata merah. Uniknya terdapat 100 kubah sehingga membuat Masjid Shah Jahan menjadi salah satu masjid dengan kubah masjid terbanyak di dunia. Dengan desain kubah tersebut suara imam sholat terdengar menggema hingga seluruh penjuru masjid. Terdapat dua buah kubah utama Masjid Shah Jahan baik, dinding dan keseluruhan pilarnya berhiaskan mozaik motif bunga yang didominasi warna putih dan biru. Namun, ada pula motif geometris yang cantik.
  7. Masjid Dian Al-Mahri
    Masjid dengan kubah cantik berikutnya Masjid Dian Al-Mahri berada di Depok, Indonesia. Masjid berkubah emas ini pun ramai dibicarakan masyarakat lataran nampak berkilau dari kejauhan. Oleh karena itu pula Masjid Dian Al-Mahri disebut sebagai Masjid Kubah Emas. Tepatnya ada lima buah kubah masjid. Satu kubah utama memiliki ukuran besar sementara empat kubah lainnya lebih kecil dan didapati mengelilingi kubah utama. Kelima kubah emas tersebut semuanya berbalut emas 18 karat setebal 2 – 3 mm.

Baca juga: Kontraktor Kubah Masjid Enamel

Leave a Reply