CONTOH VARIASI KUBAH MASJID

Fast response info Kontraktor Kubah Masjid: +6282210001369 (Fauzan Al Fatih)

 


Contoh Variasi Kubah Masjid yang Sering Digunakan untuk Bangunan Masjid

Pengunaan kubah dalam sebuah bangunan masjid bisa juga dipakai sebagai identitas dari eksistensi masjid dalam suatu wilayah. Dengan memiliki bentuk, ornamen, serta warna menjadikan suatu daya tarik dari masjid yang dibangun tersebut. pemakaian kubah masjid ini tentu harus ditempatkan di tempat yang tertinggi dari sebuah bangunan masjid atau menari dengan tujuan supaya bisa dilihat dari bangunan masjid lainnya. perkembangan dunia arsitektur yang kian pesat tentu juga menghasilkan berbagai contoh variasi kubah masjid yang bisa ditemui di kalangan masyarakat untuk sebuah bangunan masjid yang akan dibangun. Kubah masjid merupakan identitas yang tentu memiliki makna filosofi dari pemakaian kubah masjid tersebut.

Pemakaian kubah masjid dengan berbagai contoh variasi kubah masjid yang digunakan tentu akan membuat bangunan masjid dengan kubahnya yang semakin beragam. Selain itu memberikan keunikan serta arti yang bisa dibilang istimewa dimana semuanya itu akan diungkapkan melalui berbagai ornamen dan bentuk dari kubah yang digunakan. Dengan bentuk dan ornamen serta warna dari kubah masjid tentu memiliki kesamaan karakteristik dan cirinya bila anda sedang berada di daerah di luar tempat tinggal anda. hal tersebut dikarenakan adanya suatu ikatan yuridistik dari corak kehidupan masyarakat di wilayah tersebut yang dicerminkan melalui kubah dari masjid yang terdapat di wilayah tersebut.

Ada banyak contoh variasi kubah masjid memiliki bentuk sebagai cerminan dari corak kehidupan dalam suatu masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ada contoh-contoh tersebut bisa anda temukan seperti misalnya kubah berumbi, kubah bersusun, kubah setengah lingkaran, kubah bawang, kubah oval, kubah parabola, kubah layar, kubah piring, dan juga kubah payung. Kesemua contoh dari kubah masjid tersebut memiliki ciri dan bentuk yang memiliki keindahan dari bentuk yang ditampilkan. Seperti misalnya kubah berumbi merupakan kubah dengan bentuk seperti separuh bentuk bumi di bagian bawahnya sedikit memanjang dengan ujung yang meruncing. Pemakaian bentuk kubah tersebut biasa dipakai pada masjid-masjid yang dibuat di akhir abad XV. Contoh pemakaian kubah berumbi bisa dilihat pada pemakain kubah di Masjid Taj Mahal yang ada di negara India. Selain itu, pemakaiannya di masjid-masjid yang berada di Mesir dengan menaranya. Sedang kubah bersusun merupakan kubah yang terdapat dua kubah dengan disusun bertumpuk sehingga akan nampak kubah di atas kubah. Kubah-kubah masjid seperti itu ditemukan di masjid pada era kerajaan Bizantium.

Di zaman sekarang, penggunaan kubah hanya dipakai sebagai sebuah simbol keagamaan saja. kadang, tidak hanya digunakan untuk bangunan masjid saja, penggunaan kubah ini juga bergeser fungsinya ke suatu hal yang lebih luas cakupannya seperti bangunan-bangunan berarsitektur muslim, stadion, gedung pertunjukan, dan masih banyak yang lainnya. maka tidak heran pula ditemukan berbagai contoh variasi kubah masjid dengan desain yang menarik dan bentuk yang berbeda pula.

Baca juga: Macam Macam Kubah dan Kubah Masjid Galvalum

Leave a Reply